Cara Merawat Gecko Biar Cepat Panjang dan Tumbuh Maksimal

By | 19 November 2022
cara-merawat-gecko-biar-cepat-panjang
Cara merawat gecko biar cepat panjang

Cara merawat gecko biar cepat panjang selalu menjadi topik menarik untuk dibahas. Khususnya dikalangan pemula yang belum lama memelihara reptil mungil dengan motif menarik satu ini. Tentu ada perawatan tertentu yang membuat gecko milik Anda bisa tumbuh dan berkembang secara optimal. Tidak perlu bingung, karena bisa menyimak pembahasannya berikut.

Gecko adalah hewan reptil yang memiliki habitat asli di pinggiran padang pasir. Berkat motif tubuhnya yang beragam dan menarik, hewan ini mulai dilirik oleh penggemar reptil untuk dipelihara. Sebenarnya tidak susah memelihara gecko sehari-hari. Apalagi ini tergolong sebagai hewan yang jinak. Penasaran dengan cara merawat gecko biar cepat panjang? Kalau begitu, ikuti langkah-langkah dibawah.

Cara Merawat Gecko Biar Cepat Panjang yang Efektif

1. Menyediakan Kandang yang Nyaman

Jika bicara soal tumbuh kembang, tempat yang nyaman menjadi syarat utama untuk dipenuhi. Gecko yang Anda pelihara tidak akan bisa berkembang dengan optimal, selama kandangnya tidak sesuai standar kenyamanan. Untuk memelihara gecko dewasa, Anda bisa menyiapkan kandang berukuran 30cm x 30cm x 30cm. Sebaiknya tidak memelihara beberapa gecko jantan di satu kandang yang sama, supaya tidak saling serang.

Sementara itu, apabila Anda ingin memelihara beberapa gecko betina sekaligus maka bisa menyiapkan kandang berukuran 60cmx45cmx45cm. Kandang tersebut bisa Anda pakai untuk menampung hingga 3 gecko dewasa. Untuk memelihara baby gecko berusia dibawah 6 bulan, Anda perlu membuat kandang yang ukurannya lebih kecil.

Jangan lupa menambah ventilasi yang cukup sekaligus pintu di kandang. Pastikan pintu tersebut aman dan bisa dikunci. Terkait dengan kandang gecko, Anda bisa menyimak postingan lainnya.

2. Mengatur Suhu Ruangan

Demi kenyamanan dan kesehatan gecko yang Anda pelihara, penting bagi Anda untuk menyediakan gradien suhu memadai. Secara umum, gecko membutuhkan tempat berjemur dengan suhu 28-32 derajat Celcius. Disisi lain, gecko juga membutuhkan suhu dingin berkisar 18-24 derajat Celcius. Untuk menciptakan suhu panas ada beberapa alat yang bisa Anda manfaatkan.

Seperti lampu pijar, bola keramik dengan watt yang rendah dan hallogen. Sementara itu, bola ungu atau inframerah sangat ideal untuk penggunaan malam hari.

3. Memberi Makanan Bernutrisi

Cara merawat gecko biar cepat panjang yang terakhir adalah dengan memberi makanan bernutrisi. Makanan yang mereka sukai adalah kelompok serangga. Jangkrik menjadi makanan yang biasa diberikan kepada gecko sehari-hari. Jika ditany berapa ekor jangkrik untuk gecko, And cukup memberikannya 1 ekor jangkrik per hari.

Menurut pengalaman sebagian orang, pemberian ulat hongkong dinilai lebih efektif untuk mendukung pertumbuhan gecko. Jika Anda bingung ingin memberi ulat hongkong atau jangkrik, maka bisa memberi keduanya. Selalu sediakan ulat hongkong di kandang gecko, kemudian selingi dengan memberi jangkrik.

Selain serangga, beberapa jenis gecko ternyata juga menyukai buah-buahan. Jika Anda ingin memberikan gecko buah, pastikan memotong dengan ukuran yang kecil dan sesuai mulut mereka. Beberapa jenis buah yang bisa diberikan kepada gecko antara lain aprikot, apel dan anggur. Gecko pemakan buah berasal dari jenis day gecko dan crested gecko.

Merawat gecko biar cepat panjang bisa juga dengan memberi pakan khusus. Meskipun jarang dijual, Anda bisa mencoba mencari pakan khusus gecko instan. Untuk menyediakan sumber vitamin essensial dan kalsium yang memadai, Anda disarankan mencampur suplemen vitamin dan kalsium bubuk ke serangga minimal 1-2 kali setiap minggunya.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang tiga cara merawat Leopard gecko biar cepat panjang. Intinya adalah pemilik reptil harus bisa menyediakan tempat yang nyaman dan makanan bernutrisi untuk mengoptimalkan tumbuh kembang gecko.