Berikut ini Cara Memandikan Gecko yang Baik dan Benar

By | 8 Desember 2022
cara-memandikan-gecko
Cara memandikan gecko

Bagi Anda yang memiliki hobi memelihara leopard gecko, tentulah ingin hewan kesayangan Anda ini selalu dalam keadaan bersih dan nyaman. Sehingga kemungkinan kecil terhindar dari berbagai penyakit yang bisa disebabkan oleh parasit yang muncul ketika kotoran dari gecko tidak dibersihkan. Contohnya silahkan klik disini.

Dan oleh karena itulah pada artikel kali ini, kita akan coba memberikan tips bagaimana cara memandikan gecko yang baik dan benar. Supaya gecko tetap merasa nyaman dan tidak merasa terganggu ketika dimandikan. Sebaiknya tetap jagalah kebersihan gecko dan kandangnya agar tetap steril. Tujuannya ialah supaya terhindar dari penyakit.

Apakah gecko perlu dimandikan?

Sebenarnya Leopar gecko tidak perlu dimandikan secara rutin karena mereka memiliki sistem pertahanan tubuh yang cukup baik untuk membersihkan diri sendiri. Leopard Gecko biasanya akan membersihkan diri dengan mengeluarkan lendir dari mulutnya yang dapat menjadi lapisan pelindung bagi tubuhnya dari kotoran dan bakteri.

Baca juga : Berikut ini Hewan Aneh dan Misterius yang Ditemukan di Dunia, Pasti Anda Belum Pernah Lihat !!!

Namun, jika gecko terlihat kotor atau terlihat ada sesuatu yang menempel di tubuhnya, Anda dapat memberikan pertolongan dengan cara memandikannya sebagai pembersih tambahan. Pastikan untuk melakukannya dengan cara yang benar dan hati-hati agar leopard gecko merasa nyaman.

Cara Memandikan Gecko yang Baik dan Benar

Untuk memandikan gecko, pertama-tama pastikan untuk menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan seperti kotak kecil atau wadah untuk menampung gecko saat mandi, air yang sudah disiapkan, dan sabun atau shampoo yang sesuai atau khusus untuk hewan reptil. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Buat gecko merasa nyaman dengan cara menangkapnya dengan lembut menggunakan kain atau tangan dengan lembut. Pastikan jangan terlalu kuat menangkapnya karena gecko mudah terserang stress.

2. Letakkan gecko di dalam wadah yang telah disiapkan sebelumnya. Pastikan wadah cukup besar untuk menampung gecko dan memungkinkannya untuk bergerak dengan leluasa dan nyaman.

3. Tuangkan air yang sudah disiapkan ke dalam wadah. Pastikan airnya tidak terlalu dingin atau terlalu panas, tetapi sedikit hangat agar gecko bisa rileks dan nyaman.

4. Tuangkan sabun atau shampoo khusus untuk hewan reptil tadi ke dalam wadah. Biasanya, sabun atau shampoo yang diformulasikan khusus untuk hewan reptil memiliki pH yang sesuai dengan kulit gecko sehingga aman digunakan.

5. Usapkan sabun atau shampoo ke seluruh bagian tubuh gecko dengan lembut. Pastikan untuk menjangkau bagian-bagian yang sulit dijangkau seperti kepala, punggung, dan ekor.

6. Bersihkan gecko dengan menggunakan air yang telah disiapkan. Pastikan untuk mencuci bersih sabun atau shampoo yang ada di tubuh gecko agar tidak menyebabkan iritasi pada kulitnya.

7. Setelah gecko benar-benar bersih, keluarkan gecko dari wadah dan keringkan tubuhnya dengan menggunakan handuk yang lembut atau tisu. Pastikan untuk mengeringkan bagian-bagian yang sulit dijangkau dengan hati-hati agar gecko tetap merasa nyaman.

8. Setelah gecko benar-benar kering, letakkan kembali di dalam kandang atau tempat yang nyaman untuknya. Pastikan kandang atau tempatnya sudah diberi perlengkapan seperti pemanas, lampu, dan peralatan lainnya yang dibutuhkan leopard gecko agar dapat hidup dengan nyaman.

Itulah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk memandikan leopard gecko dengan baik dan benar. Meskipun pada dasarnya leopard gecko tidak perlu terlalu sering untuk dimandikan. Tapi tidak ada salahnya untuk dilakukan, karena ini juga untuk merawat leopard gecko supaya tetap bersih, terlebih lagi bagi pemula yang minim informasi.

Berapa Kali Kandang Gecko Harus Dibersihkan

Setelah memandikan leopard gecko, ada baiknya juga kandang gecko harus dibersihkan secara rutin agar gecko dapat hidup dalam lingkungan yang bersih dan sehat. Sebaiknya bersihkan kandang gecko setidaknya sekali dalam seminggu atau setiap 10 hari sekali.

Namun, jika gecko memiliki kebiasaan buang air kecil atau buang air besar yang berlebihan, maka kandangnya perlu dibersihkan lebih sering. Pastikan untuk membersihkan kandang gecko dengan cara yang benar agar tidak merusak struktur kandangnya atau menyebabkan gecko merasa tidak nyaman.

Demikianlah informasi cara memandikan leopard gecko, semoga informasi ini dapat bermanfaat khususnya bagi Anda pemula yang ingin memulai memelihara hewan ini. Terima kasih dan salam lestari.