Cara Merawat Baby Leopard Gecko yang Baru Menetas

Langsung aja ya kita jelaskan cara merawat baby gecko. Begitu anakan leopard gecko menetas dari telurnya, segera siapkan kandang khusus 1 ekor gecko saja. Kandangnya bisa berupa tupperware atau sejenisnya. Jangan lupa alas kandangnya diberi tisu yang dibasahi dulu dengan air. Ini berfungsi untuk minum baby gecko nya.

Untuk beberapa saat ketika baru menetas, sebaiknya baby gecko tidak langsung diberi pakan sampai pup pertamanya keluar. karena baby gecko masih memiliki cadangan makanan yang tersimpan di ekornya. ini berlangsung kurang lebih 3 sampai 4 harian. Setelah pup pertamanya keluar, coba beri makanan pertamanya berupa ulat hongkong atau jangkrik kecil. Apabila seharian tidak dimakan, ambil lagi pakannya dari kandang trus ganti yang baru.

Jaga kebersihan kandang seperti mengganti alas tisu basahnya kalau sudah kotor. Dan usahakan jangan dipegang dulu untuk menghindari stress si baby geckonya. Kalau sudah nafsu makan, alas tisunya tidak perlu dibasahi lagi, pakai yang kering aja. Itu ciri Geckonya sudah saatnya disediakan tempat minum khusus.

Merawat Baby Leopard Gecko
Merawat Baby Leopard Gecko

Cara Merawat Leopard Gecko Biar Cepat Panjang dan Cepat Besar

Siapkan wadah seperti tupperware dan isikan dengan air secukupnya, letakkan leopard geckonya ke air supaya berenang. Iya betul sering2 aja suruh renang dan jangan lupa kasih kalsium untuk pertumbuhan tulangnya. Ibarat orang tua yang ingin melihat anaknya cepat besar dan membanggakan orang tua (apaan sih v(^.^)) sama juga ketika kita ngerawat leopard gecko dari kecil, bawaannya pengen buru2 cepat besar. ada kepuasan tersendiri juga. Terlebih lagi harga jualnya juga jadi meningkat pesat.

Cara Memandikan Leopard Gecko Dengan Benar

Sama seperti ketika mempersiapkan wadah untuk berenang gecko, siapkan aja baskom atau wadah yang sudah berisi air bersih. Ingat airnya ga perlu terlalu banyak, supaya ga nyelem geckonya secukupnya aja. Cukup cemplungin aja ke air, bersihkan dah tuh bagian yang ada kotorannya. Setelah itu angkat geckonya ke tempat yang kering atau bisa langsung di taro dikandangnya.

Cara Merawat Leopard Gecko yang Sudah Ganti Kulit
Leopard Gecko Ganti Kulit

Cara Merawat Leopard Gecko yang Sudah Ganti Kulit

Proses ganti kulit atau Shedding ini biasanya terjadi setiap satu bulan sekali. Ciri ciri gecko akan ganti kulit ketika warna leopard gecko mulai memudar pucat putih dan biasanya kulitnya akan kering. Kamu bisa semprotkan air setidaknya dua kali sehari supaya tetap lembab dan tidak kering kulitnya. Shedding ini biasanya berlangsung kurang lebih selama dua harian. Kulit lama yang terlepas biasanya akan langsung dimakan sama geckonya. kalau nanti ada bagian kulit yang belum sepenuhnya terkelupas, bisa dibantu aja ditarik secara perlahan pakai pinset. Paling cuma itu aja perawatan gecko ketika ganti kulit yang bisa kita share. Kurang lebihnya bisa kamu cari lagi di internet, siapa tahu masih ada yang belum tersampaikan disini.

Berapa Lama Leopard Gecko Ganti Kulit

berapa lama leopard gecko ganti kulit? Proses ganti kulit pada leopard gecko memakan waktu kurang lebih dua harian. Bisa kurang bisa lebih. Tapi biasanya cuma 2 hari. Klo ganti kulitnya 1 bulan sekali.

Ciri Ciri Leopard Gecko Ganti Kulit

Cirinya biasanya warna kulitnya mulai memudar dan agak pucat memutih. Ketika proses shedding gini usahakan tidak ada penyakit kulit pada gecko ya. Soalnya ntar ada beberapa bagian kulit yang ga terkelupas seluruhnya. Kamu bisa membantu dengan cara rendam dalam air si gecko kemudian cabut perlahan menggunakan pinset.

Kesimpulan

Baby gecko langsung pisahin ke kandang baru, jangan di campur dengan baby gecko yang lain apalagi gecko dewasa. Supaya cepat panjang gecko dilatih berenang dan diberi asupan kalsium. Perawatan ketika ganti kulit tidak ribet kalau si gecko ga punya penyakit kulit. Sekian artikel kali ini, mohon maaf jika banyak kekurangan pada penulisannya karena belum jago banget nulis artikel. Jadi kita tulis apa adanya saja. semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan komentar