Fungsi Dolomit Untuk Gecko Peliharaan, Keuntungan dan Kekurangan Dalam Penggunannya

By | 20 November 2022
fungsi-dolomit-untuk-gecko
Fungsi dolomit untuk gecko

Fungsi dolomit untuk gecko adalah sebagai alas permukaan di kandang. Banyak pemilik leopard gecko yang memilih menggunakan dolomit dibandingkan material lain sebagai kolam pasir. Hal itu tidak lepas dari berbagai kelebihan yang ditawarkannya. Jika Anda masih pemula dan sedang mencari alas kandang yang bagus, maka bisa membaca artikel kali ini sampai habis.

Terlepas dari berbagai kelebihan yang membuatnya layak dipilih, fungsi dolomit sebagai alas tentu tidak bisa lepas dari kekurangan. Sehingga, Anda tidak boleh langsung menyimpulkan apakah ini cocok atau tidak cocok buat dipilih.

Tanpa perlu kebanyakan basa-basi, dibawah ini akan dibahas beberapa kelebihan dan kekurangan apa manfaat dolomit sebagai alas kandang leopard gecko.

Fungsi Dolomit Untuk Gecko Peliharaaan Anda dan Pertimbangan Memilihnya

Pasir dolomit biasa dimanfaatkan oleh pemilik leopard gecko sebagai subtart. Bagi yang belum tahu, subtart adalah istilah untuk permukaan tempat hidup organisme. Gampangnya ini adalah permukaan di kandang gecko peliharaan.

Tentu ada beberapa alasan mengapa banyak orang yang memilih pasir dolomit sebagai subtart. Yaitu seperti dibawah ini :

1. Dibanderol Harga Murah

Harga yang terjangkau menjadi alasan pertama mengapa orang-orang menyukai pasir dolomit sebagai subtart. Anda bisa membelinya dengan harga sekitar Rp. 3 ribu – Rp. 5 ribu per kilo. Kebutuhan pasir dolomit tinggal menyesuaikan ketebalan alas dan luas kandang.

2. Menyerap Kotoran atau Air

Pasir dolomit memiliki daya serap yang bagus, sehingga mampu menjaga kebersihan kandang secara efektif. Setiap kali gecko kencing atau pup, maka langsung terserap ke dalam pasir. Ini sangat berguna untuk meringankan tugas Anda dalam menjaga kebersihan kandang. Tidak perlu bingung harus segera membersihkan setiap kali ada kotoran yang dihasilkan oleh gecko.

3. Mengurangi Bau

Selain menjaga kebersihan kandang, fungsi dolomit untuk gecko adalah mencegah munculnya bau yang menyengat dan mengganggu di kandang. Bau dapat dicegah karena cairan dan kotoran segera terserap ke dalam pasir dolomit.

4. Mudah Dibersihkan

Sesudah kotoran leopard gecko kering diserap oleh pasir dolomit, pemilik bisa membersihkannya dengan cukup mudah memakai pinset atau alat sejenisnya untuk memungut kotoran-kotoran yang ada di kandang. Sementara itu, pasir dolomit yang menggumpal karena air minum tumpah dan meresap kencing gecko, bisa Anda ambil menggunakan sendok. Dengan menyingkirkannya, kandang gecko selalu dalam kondisi bersih.

5. Mengandung Kalsium

Apakah pasir dolomit bagus untuk gecko? Ya, berkat kandungan kalsium didalamnya alas satu ini recomended buat digunakan. Kandungan kalsium tersebut bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium gecko. Sehingga, Anda tidak perlu menambahkan kalsium ke dalam makanan gecko sehari-hari. Bagaimana, cukup menguntungkan bukan?

6. Lumayan Sulit Mendapatkannya

Dibalik fungsi dolomit untuk gecko yang kelihatannya serba menguntungkan, sayangnya tidak semua daerah menyediakan subtart ini. Terlebih lagi jika tidak ada pet shop untuk membeli kebutuhan hewan peliharaan. Jika Anda memang tertarik dengan pasir dolomit, maka masih bisa menyiasatinya. Yaitu dengan membeli pasir dolomit secara online di marketplace.

7. Kurang Cocok Bagi Gecko Birahi

Ketika gecko jantan sedang birahi, biasanya mereka mengeluarkan hemipenisnya. Ketika alas kandang menggunakan pasir dolomit, kemungkinan ada yang menempel dan menyebabkan prolaps. Suatu kondisi dimana hemipenis keluar lalu tidak dapat kembali lagi. Risiko lainnya adalah dolomit menggumpal di daerah sekitar kelamin. Anda perlu mempertimbangkan risiko ini atau melakukan pencegahan agar tidak terjadi.

Demikianlah pembahasan mengenai fungsi dolomit untuk gecko yang Anda pelihara. Setelah membaca uraian diatas Anda juga bisa mengambil keputusan untuk memanfaatkannya sebagai alas kandang atau tidak. Tentu mempertimbangkan keuntungan dan kekurangannya.