Ini Dia 5 Perbedaan Gecko dan Tokek Yang Harus Diketahui Pecinta Reptil

By | 17 November 2022
perbedaan-gecko-dan-tokek
Perbedaan gecko dan tokek

Apakah gecko sama dengan tokek? Pertanyaan ini masih membingungkan bagi banyak orang. Kemiripan keduanya memang sangat identik, sehingga cukup susah buat dibedakan. Jika ditanya apakah kedua hewan ini sama, maka jawabannya tidak. Terdapat beberapa perbedaan gecko dan tokek yang sebenarnya cukup signifikan. Jika memperhatikan lebih lanjut, Anda pasti bisa menemukannya.

Gecko adalah hewan dari keluarga gekkonidae atau kadal. Didalamnya termasuk cicak, tokek dan gecko itu sendiri. Sehingga tidak heran apabila ketiganya memiliki kemiripan yang hampir sama persis. Selain tempat hidupnya yang berbeda, masih ada beberapa bagian lain dari kedua hewan ini yang tidak sama.

Jadi apa perbedaan gecko dan tokek? Perbedaan gecko dan tokek selengkapnya bisa Anda temukan pada uraian dibawah ini. Simak dan baca sampai selesai ya.

Perbedaan Gecko dan Tokek yang Jarang Diketahui Orang

1. Bentuk Ekor

Perbedaan pertama datang dari ekor keduanya yang bisa langsung dilihat tidak sama. Gecko memiliki tipe ekor yang pendek dan mirip seperti daun. Sementara itu, ekor tokek lebih ramping dan panjang. Ekor gecko dan tokek benar-benar berbeda, sehingga tidak sulit untuk menemukan perbedaan keduanya.

2. Gerakan Ekor

Masih seputaran ekor, gecko memiliki ciri khas yang tidak bisa Anda temukan pada tokek. Ciri khas tersebut berupa ekor yang bergoyang ketika sedang marah. Jika Anda melihat gecko sedang menggoyangkan ekornya, itu berarti hewan reptil satu ini sedang marah.

Ekor yang bergoyang juga menjadi pertanda bahwa gecko sedang takut menghadapi lawannya. Pola ekor seperti itu tidak Anda temukan pada tokek. Hewan reptil lain yang sama-sama menggerakkan ekor ketika sedang marah adalah iguana.

3. Sifat Teritorial

Gecko adalah hewan yang wilayahnya tidak ingin diganggu oleh pejantan lain. Hal serupa juga dimiliki oleh tokek yang sama-sama bersifat teritorial. Namun, tokek lebih agresif dan galak dalam menjaga wilayahnya. Gecko tidak segalak tokek meski juga bersifat teritorial.

Tingkat agresif inilah yang menjadi pembeda antara tokek dan gecko. Sebaiknya Anda tidak meletakkan dua jantan gecko di kandang yang sama ketika berniat untuk memeliharanya.

4. Warna Tubuh

Perbedaan gecko dan tokek berikutnya adalah warna tubuh yang dimiliki. Tokek umumnya berwarna abu-abu dan bertotol hitam. Sementara itu, gecko memiliki tubuh berwarna cerah dengan motif yang lebih beragam. Jika dilihat dari ukuran tubuh, keduanya mungkin sangat mirip.

Tidak ada perbedaan yang mencolok antara gecko dan tokek. Mereka yang sedang mencari hewan peliharaan, memilih gecko tentu lebih cocok. Terdapat banyak sekali pilihan warna dan motif yang beragam dari hewan reptil satu ini.

5. Tingkat Kegalakan

Selain memiliki warna tubuh yang lebih beragam dan cantik, gecko semakin menarik buat dipelihara karena sifatnya yang cenderung jinak. Tidak seperti tokek yang lebih agresif ketika hendak dipegang. Gecko adalah hewan santai yang mudah diajak bermain. Anda tidak perlu takut bahwasannya gecko akan menggigit tangan milik tuannya.

Sifatnya yang jinak dan mudah diajak bermain, membuat gecko disukai oleh banyak orang. Tidak heran apabila sekarang ini semakin banyak orang yang berniat untuk memeliharanya di rumah.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai perbedaan leopard gecko dan tokek yang perlu Anda ketahui. Setelah membaca uraian diatas, seharusnya Anda sekarang tidak lagi menganggap kedua reptil ini sebagai hewan yang sama. Nah, sekarang sudah tahu kan bedanya, baik yang jantan maupun betina.

Keduanya mirip karena memang berasal dari keluarga yang sama. Namun, gecko lebih jinak dan bermotif menarik daripada tokek. Kebutuhan minum gecko tidaklah terlalu banyak, mengingat ia adalah hewan dari wilayah padang pasir. Tidak seperti tokek yang kebutuhan airnya lebih banyak. Hal itu sewajarnya, karena tokek tidak hidup di lingkungan padang pasir.