Apa makanan kepiting? Berikut Penjelasan Singkatnya

By | 19 Februari 2022

Kepiting adalah salah satu bahan makanan favorit banyak orang terutama para pecinta seafood. Makanan dengan olahan kepiting seringkali menjadi sajian menu utama dibeberapa restoran di kota-kota besar dan harganya pun terbilang lumayan mahal. Tapi selama anda mengkonsumsi kepiting, pernahkah terbersit dipikiran anda, kira-kira kepiting ini makan apa ya? Daripada penasaran yuk mari kita bahas.

Apa makanan kepiting? Makanan kepiting adalah ganggang atau bisa juga disebut alga, ini merupakan makanan utamanya. Selain alga makanan kesukaan kepiting juga meliputi udang, ikan kecil, ular air, jamur, cacing, Plankton, moluska, detritus. Jadi makanan kepiting ini termasuk tumbuhan dan hewan yang lebih kecil dari tubuhnya, oleh karena itu kepiting termasuk dalam hewan omnivora atau pemakan segala.

apa-makanan-kepiting
Kepiting

Dimana Kepiting Biasa Mencari Makan?

Hewan dengan nama latin Brachyura yang masuk dalam kelompok Crustacea ini biasanya mencari makan di laut karena memang hidupnya di laut. Kepiting ini memiliki alat semacam pendeteksi ketika mencari mangsa yang disebut kemoreseptor. Jadi kepiting ini bisa mendeteksi keberadaan mangsa melalui aroma atau dzat yang terdapat pada mangsa sehingga kepiting dapat mengetahui tempat persembunyiannya.

Kapan Kepiting mencari makanannya?

Pernah dilakukan sebuah penelitian di salah satu Universitas yang ada di Indonesia mengenai waktu kepiting mencari makan. Pada penelitian ini melibatkan kepiting bakau sebagai ujicobanya, dan hasil yang didapatkan kepiting aktif memakan makanannya mulai pukul 18.00 sampai 24.00 sedangkan pada siang hari lebih banyak pasifnya. Artinya disini bisa disimpulkan jika kepiting ini lebih aktif pada malam hari jadi termasuk nokturnal.

Apa Makanan Kepiting Ketika Masih Kecil?

Sama seperti kepiting dewasa, makanan kepiting kecil pun tak berbeda misalnya seperti plankton, cacing, ganggang dan moluska.

Hewan apa saja yang memakan Kepiting?

Berikut Hewan-hewan yang memakan kepiting sebagai mangsa utamanya adalah gurita, Bintang Laut, Anjing laut, kepiting lain yang ukurannya lebih besar dan jangan lupa manusia. Hehe…

Kepiting hias makan apa?

Dikutip dari wikihow makanan kesukaan kepiting hias adalah udang segar, cacing darah, ikan silver side, krill kering dan lain sebagainya.

Apakah kepiting air tawar bisa dimakan?

Kepiting air tawar yang selama ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat kita adalah kepiting yuyu. Kepiting jenis air tawar ini bisa anda temukan di area persawahan dan sungai kecil di sekitar sawah. Seringkali diolah menjadi masakan yang lezat dan menggugah selera.

Apakah kepiting batu boleh dimakan?

Kepiting batu atau dalam bahasa inggrisnya Rock Crab disarankan untuk tidak dimakan karena mengandung racun asam domoic, banyak ditemui pada spesies Pseudo-Nitzschia diatom yang ada di laut.

Apakah kepiting kelapa beracun?

Hewan arthropoda darat paling besar di dunia ini bisa dimakan dan tidak beracun, karena kami telah melihat sendiri di youtube beberapa tayangan kuliner dari seorang chef dari jepang yang mengolah kepiting kenari ini dan bisa dimakan. Akan tetapi karena kepiting kenari ini sangat dilindungi sebaiknya jangan dijadikan makanan karena untuk menjaga populasinya tetap terjaga di alam liar. Hewan penyuka buah kelapa ini dapat ditemui di sepanjang pantai asia pasifik meskipun akhir-akhir ini keberadaannya mulai terancam dengan keberadaan manusia yang ingin menjadikan menu makanan.

Kesimpulan

Makanan kepiting banyak sekali ditemui disekitaran habitatnya, maka tak jarang banyak sekali populasi dari hewan ini. Dengan menjaga kelestariannya kita akan tetap dapat menikmati olahan makanan enak dari kepiting ini untuk masa depan.

Penutup

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait makanan apa yang disukai oleh kepiting. Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan ini. Semoga bermanfaat dan sampai berjumpa lagi di artikel lainnya. Salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *