Kenapa Leopard Gecko Tidak Mau Makan? Ini Penyebabnya

Banyak para pemula yang hoby akan binatang reptil ini mengalami kekhawatiran ketika hewan peliharaannya mogok makan. Banyak pertanyaan yang terngiang di kepala, ini kenapa sih pada gak mau makan. Terlebih lagi gecko merupakan reptil peliharaan yang lumayan harganya. Jadi kalau sampai mati, sayang juga kan. Tapi jangan khawatir, disini kita sebisa mungkin akan memberikan solusinya yang sudah dirangkum dari berbagai sumber, baca terus sampai selesai ya.

Kenapa Leopard Gecko Tidak Mau Makan? Banyak faktor yang mempengaruhi nafsu makannya. Di antaranya adalah suhu ruangan dalam kandang kurang hangat, Suasana kandang yang kurang nyaman sehingga berakibat stress, karena birahi sedang meningkat, kalau betina mungkin sebentar lagi akan bertelur, Kehausan karena pemberian minum yang tidak rutin dan kemungkinan yang terakhir sedang sakit.

Berikut kita jelaskan Apa penyebab leopard gecko tidak mau makan, seperti yang telah kita singgung diatas.

1.Suhu kandang kurang hangat

Leopard gecko adalah reptil yang terbiasa hidup pada suhu antara 32 sampai dengan 33 derajat Celsius. Coba kamu ukur terlebih dahulu untuk memastikan dengan menggunakan thermometer. Jika benar karena kurang hangat, kamu butuh menambahkan penghangat ruangan seperti lampu night glow exoterra. Gecko ini adalah hewan nocturnal dalam artian sukanya aktif di malam hari, berarti sukanya yang gelap. Solusinya belilah night glow exoterra di toko online.

penyebab leopard gecko tidak mau makan
Night Glow Exoterra

2.Stress karena suasana kandang kurang nyaman

Jika reptil kamu ini mengalami stress, cukup ganti aja suasananya dengan mendekor ulang bagian dalam kandang. Layaknya mahluk hidup, gecko pun mungkin jenuh kalau tempat tinggalnya ngebosenin. Coba cari referensi di internet pasti banyak. kalau kamu sudah punya ide, bolehlah langsung dirombak aja tuh kandang. Usahakan kandang terlihat lebih gelap, berikan ulat hongkong di wadah khusus dan sekalian minumnya.

3.karena sedang birahi

Sejak memelihara gecko ini, apakah kamu mencatat tanggal lahirnya? Supaya mudah untuk merayakan ulang tahunnya..oh bukan itu bahasannya ya…hehe. jadi ini untuk memudahkan kita mengetahui umur dan kapan dia siap untuk bereproduksi. Untuk gecko jantan pada usia 7 bulan dan betina pada usia 1 tahun. Jadi kita bisa mengira2 apakah dia lagi pengen kawin atau tidak.

4.Akan bertelur

Salah satu faktor yang mungkin menjadi penyebab gecko malas makan, ya kemungkinan karena dia akan bertelur atau bereproduksi. Untuk penyebab yang satu ini tidak banyak kita temukan pembahasan lengkapnya. Mungkin untuk solusi cara mengatasi yang dapat dilakukan adalah bisa dibuat senyaman mungkin kandang dan jangan terlalu terang. ini baik untuk hewan nokturnal.

5.Kehausan

Bisa jadi ini juga yang menyebabkan karena kelalaian pemilik tidak rutin memberikan minum. Berawal dari dehidrasi akhirnya tidak mau makan. Namanya juga lagi kehausan yang dibutuhkan air, bukan makanan. Jadi tolong di perhatikan untuk jadwal pemberian pakan dan minum agar tidak terlambat. Supaya dia tidak mogok makan.

6.Sakit

Pastikan peliharaanmu dalam kondisi sehat. Karena apabila dalam kondisi sakit, dia tidak akan nafsu makan. Ada beberapa gejala yang dapat kamu perhatikan, seandainya gecko lagi sakit. Diantaranya :

  • Bagian mata terlihat agak keruh
  • Cairan pada hidung
  • Bengkak di daerah perut
  • Kulit ada nanah, bengkak sedikit memerah

Berapa Kali Leopard Gecko Makan dalam sehari?

Untuk pemberian pakan sendiri tergantung dari usia geckonya, jadi tidak bisa disama ratakan karena berbeda porsi. Untuk gecko yang masih berumur di bawah 4 bulan perlu kamu beri makan setiap hari karena lagi seneng2nya ngunyah. untuk pakannya bisa dengan memberikan 4 sampai 6 ekor jangkrik yang kaki dan kepalanya dibuang terlebih dahulu. Berbeda dengan gecko yang sudah berusia lebih tua, kamu cukup memberikan pakan 2 hari sekali saja.

Leopard Gecko makan apa sih
Leopard Gecko Makan Jangkrik

Leopard Gecko makan apa sih?

Pada umumnya gecko lebih menyukai jangkrik, karena memiliki banyak kandungan kalsium, mineral, vitamin dan protein yang sangat berguna untuk pertumbuhan gecko. jangan lupa jangkriknya di Gut Load, karena banyak manfaatnya untuk gecko. Selain jangkrik yang populer menjadi pakan gecko adalah ulat hongkong. Kamu coba aja keduanya, sebagai variasi agar gecko tidak bosan.

Kesimpulan

Banyak faktor yang menyebabkan gecko tidak nafsu makan, oleh karena itu sang pemilik harus lebih jeli melihat hewan peliharaannya. Makanannya cukup 2 hari sekali untuk yang dewasa dan setiap hari bagi yang dibawah 4 bulan. Pakan yang umum dipakai jangkrik dan ulat hongkong.

Mungkin cukup sekian pembahasan di artikel kali ini, semoga reptil perliharaan kegemaran kalian ini sehat walafiat termasuk pemiliknya juga. Saya doakan juga supaya cepat besar dan panjang. jangan lupa untuk share artikel ini, siapa tau bermanfaat untuk orang banyak. Terima kasih

Tinggalkan komentar