Apa Makanan Cicak? Berikut Jawabannya

By | 20 Februari 2022
apa-makanan-cicak
Apa makanan cicak

Cicak atau biasa disebut cecak kerap kali kita jumpai di dinding rumah ini merupakan hewan yang termasuk dalam golongan reptil dan bersama sepupunya yang lebih besar yaitu tokek termasuk dalam golongan Gekkonidae. Usia yang dapat dicapai oleh cicak ini bisa mencapai 15 tahun loh. Wah, lumayan lama ya untuk hewan reptil yang tergolong kecil. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang makanan cicak. Kita akan coba sebutkan 5 bahkan lebih makanan utama cicak, Yuk mari kita simak bersama.

Apa makanan cicak? Makanan cicak adalah nyamuk, laron, ngengat, jangkrik kecil, semut, kumbang kecil, nasi, lalat, larva serangga, larva belalang, biji, kulit telur hingga kotoran rayap dan beberapa serangga kecil. Itulah beberapa makanan kesukaan cicak yang biasa menjadi mangsanya, jadi selain nyamuk cicak ternyata banyak juga makanannya. Jadi jenis makanan cicak ini sebagian besar adalah serangga-serangga kecil yang ada di sekitar dia tinggal. Baik cicak dewasa maupun cicak yang masih kecil atau bayi makanan favoritnya juga sama.

Bagaimana Cara Cicak Makan?

Biasanya cicak menangkap serangga dengan cara mendekatinya dan setelah jarak dirasa sudah cukup dekat, seketika cicak akan menggunakan lidahnya yang panjang dan lengket untuk menangkap dan langsung melahap mangsanya tersebut.

Dimana Cicak Mencari Makan?

Seperti yang telah kita ketahui bersama, cicak biasanya mencari makan di tembok dengan diam-diam merayap menghampiri mangsa, lalu hap, langsung dicaplok, ini lirik lagu anak pasti. Heheā€¦ Selain di tembok cicak juga mencari makan dengan menghampiri lampu yang merupkan tempat kesukaan serangga-serangga kecil berkumpul, jadi dia tinggal hap saja.

Kapan Waktu Cicak Mencari Makanannya?

Cicak ini adalah hewan nokturnal artinya dia lebih aktif di malam hari ketika mencari makan. Oleh karena itu jarang sekali kita temui cicak berkeliaran di siang hari.

Hewan Apa Saja yang Memakan Cicak?

Beberapa hewan yang pernah terlihat memakan cicak adalah kucing, beberapa jenis burung dan semut ketika cicaknya sudah mati atau sudah menjadi bangkai.

Kesimpulan

Dapat kami simpulkan melalui beberapa hasil temuan mengenai pembahasan kali ini yaitu makanan cicak ternyata tidak hanya nyamuk tetapi banyak juga serangga lain yang disukai oleh cicak. Mungkin ini yang membuat kotoran cicak sangat bau, karena hampir semua serangga dia makan.

Penutup

Demikian informasi terkait makanan cicak yang dapat kami sampaikan, mohon maaf atas kekurangan dalam hal penulisan. Semoga info ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *