Kenapa Leopard Gecko Sering Ganti Kulit atau Shedding? Berikut Penjelasannya

By | 7 Mei 2022
kenapa-leopard-gecko-sering-ganti- kulit
Leopard Gecko Sering Ganti Kulit

Leopard gecko sering berganti kulit seumur hidup mereka. Akan tetapi tidak seperti layaknya mamalia pada umumnya, reptil yang satu ini langsung berganti kulit sekaligus. Biasanya mereka ganti kulit atau istilahnya Shedding ini sebanyak 1 kali dalam 1 bulan.

Lantas Kenapa Leopard Gecko Sering Ganti Kulit? Biasanya ini dilakukan untuk pemeliharaan pada kulit mereka. Supaya kulit lama berganti dengan kulit yang baru, kulit yang lama sudah tidak muat lagi untuk badan mereka yang semakin besar.

Kemudian juga untuk masalah kesehatan kulit seperti membuang parasit atau penyakit yang melekat pada kulit mereka. Dibeberapa kasus shedding juga bisa terjadi dikarenakan adanya luka pada tubuh gecko. Jika ingin merawat leopard gecko, jaga baik-baik ya jangan sampai terluka.

Berapa Kali Gecko Ganti Kulit?

Dari beberapa sumber informasi yang kami dapatkan, Leopard Gecko berganti kulit 1 bulan sekali. Akan tetapi tidak pada gecko yang sudah dewasa, klo yang dewasa sudah jarang sekali shedding. Biasanya sih ciri yang terlihat kentara sekali, sebelum ganti kulit, sekitar satu atau dua hari warna kulit lamanya akan berubah jadi abu-abu atau terlihat lebih pucat dari biasanya.

Baca juga : Kenapa Leopard Gecko Tidak Mau Makan

Shedding pada gecko juga dipengaruhi oleh pola makannya, semakin kamu sering memberi makan semakin cepat pula pertumbuhan badannya. Oleh karena itu kulit lama otomatis tidak muat, terjadilah ganti kulit untuk menyesuaikan dengan ukuran panjang dan berat badan yang baru.

Ciri Ciri Gecko Ganti Kulit :

  • Warna kulit memudar atau pucat
  • Nafsu makan berkurang
  • Gecko terlihat lemas
  • Kulit mulai seperti terkelupas
  • Prosesnya selama 2 hari
  • Shedding pertama usia sekitar 3 bulan

Proses Ganti Kulit Pada Leopard Gecko?

Ketika kamu sudah melihat kulit gecko yang sudah mulai memudar dan terlihat pucat pasi, artinya proses shedding sudah dimulai dan kamu bisa membantu dengan menyemprotkan air ke seluruh badan gecko sehari dua kali saja, supaya kulitnya tidak kering. Kamu bisa lakukan ini pada pagi dan sore hari menggunakan spray yang biasa digunakan untuk mandiin burung.

Berapa Lama Proses Ganti Kulit Pada Gecko?

Biasanya sih berlangsung selama 2 harian. Nah, seperti yang diinformasikan tadi diatas semprotkan air ke badan gecko agar proses ganti kulitnya berlangsung cepat dan lancar. Nanti ketika kulit lama sudah terlepas dari badannya, gecko akan langsung melahap kulit mereka itu sendiri, Jadi langsung dia makan tuh kulitnya, ini wajar terjadi dan kebiasaan mereka, sekalian sebagai sumber kalsium alami bagi tubuhnya. Mengingat di habitat asli gecko yaitu gurun pasir tandus yang jarang mendapatkan sumber makanan yang berlimpah.

Perlu diperhatikan, adakalanya dibeberapa bagian kulit yang tidak bisa dilepaskan sendiri oleh gecko, kamu bisa membantunya dengan cara merendam gecko ke dalam air hangat tapi jangan sampai tenggelam ya. Kemudian kamu lepaskan secara perlahan bagian kulit yang masih tersisa bisa menggunakan pinset. Biasanya dibagian sela-sela jari kaki dan beberapa perut yang sulit untuk dijangkau oleh gecko.

Kesimpulan

Dengan mengetahui ciri gecko yang akan melakukan proses shedding, jadi kamu tidak perlu lagi khawatir karena sudah mengetahui hal tersebut. Cukup kamu pantau saja agar proses ganti kulit bisa berjalan lancar sesuai yang kamu mau.

Demikian informasi mengenai “Kenapa Leopard Gecko Sering Ganti Kulit” yang dapat kami sampaikan. Mohon maaf jika ada penyampaian yang kurang jelas dan kurang tepat, Mohon dimaklumi saja. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu mengenai leopard gecko. Kurang lebihnya terima kasih. sampai jumpa di artikel lainnya.